Lorent ipsum blo bla bli
ad part
Selasa, 29 Juni 2010

Benarkah Tumbuhan Mampu Menyerap Karbon Dioksida

Tidak seutuhnya benar bila karbon dioksida di udara dapat ditanggulangi oleh tumbuhan. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Illionis menyelidiki pengaruh karbon dioksida terhadap tumbuhan kacang kedelai (Science Daily, 26 Juni 2010). Peningkatan karbon dioksida dapat menyebabkan stomata (lubang tempat karbon diosida CO2 dan oksigen O2) menutup lebih sering. Ini adalah cara tumbuhan untuk melindungi dirinya dari patogen yang akan masuk. Umumnya patogen sering masuk ke tumbuhan melalui jalur stomata.


Lebih lanjut, udara yang mengandung banyak karbon dioksida cenderung menyebabkan tumbuhan tumbuh cepat dengan kanopi yang tebal. Yang tentunya pencahayaan menjadi rendah dan mereduksi sirkulasi udara. Keadaan ini menyebabkan semakin tingginya kelembaman, suatu situasi yang sangat cocok bagi patogen tumbuh subur.

Peningkatan karbon dioksida dapat membuat tanaman mudah terkena penyakit tertentu. Disamping peningkatan temperatur bumi dan perubahan pola hujan dapat mempengaruhi perkembangan wabah penyakit tumbuhan.

  1. Hmmm menarik! jadi terinagt dulu saya pernah di beri tahu tentang salah satu, tanaman yang bagus efek penyerapannya yaitu Senseviera.. ya ampun saya hanya bisa garuk2 kepala! ternyata pohon itu! dari dulu saya tanam di pekarangan rumah baru tahu fungsinya,, he he he!!,

    BalasHapus

Gunakan kata yang tidak mengandung penghinaan unsur suku, agama, ras, politik.