Lorent ipsum blo bla bli
ad part
Rabu, 14 Juli 2010
Pemanasan global akan memberikan efek yang tidak diharapkan bagi ikan badut (clownfish) bintang dari film Finding Nemo.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa peningkatan karbon dioksida (C02) dapat menyebabkan permukaan air laut menjadi lebih asam.

Peneliti juga menunjukkan bahwa pengasaman dapat mengganggu larva ikan merasakan bau dan menemukan rumahnya yang cocok.


Penelitian yang dipimpin oleh peneliti Profesor Philip Munday dari James Cook University (JCU) juga telah menemukan bahwa peningkatan asam dapat menyebabkan ikan jenis ini kurang hati - hati dan bahwa tertarik ke predator.


Merekan mempublikasikan hasil penelitiannya di Proceedings of the National Academy of Sciences journal.

Sebagai bagian dari studinya, peneliti meletakkan larva clownfish dan damselfish ke dalam air laut yang keadaannya sama jika berada di lingkungan atmosfir yang mengandung karbon dioksida dengan kadar 700 dan 850 ppm, yang diperkirakan keadaan air laut ini akan terjadi diakhir abad ini.

Mereka menemukan bahwa setelah empat hari, setengah dari larva ini pada keadaan 700 ppm kurang mampu mencium predator, sementara semua larva pada keadaan 850 ppm tertarik ke predator.

Damselfish kemudian dilepaskan ke terumbu dimana ikan - ikan ini menjadi lebih aktif dan bersikap lebih berani dari biasanya, menghabiskan waktu dekat penampungan dan lebih sering mendekati predatornya. Tingkat kematian mereka 5 hingga 9 kali dari pada ikan yang lahir normal pada kondisi 390 ppm (sumber : ABC News )

Posting Komentar

Gunakan kata yang tidak mengandung penghinaan unsur suku, agama, ras, politik.