Lorent ipsum blo bla bli
ad part
Selasa, 30 November 2010

Manfaat Karat

Suatu hari murid kami bertanya: "apakah manfaat dari karat?". Pertanyaan ini cukup mendasar, murid kami duduk di Sekolah Menengah Umum Kelas 3 (sekarang kelas 12). Jawaban ini cukup mudah, salah satu aplikasi yang mungkin bisa dilakukan dari karat adalah pita kaset. Pita kaset terdiri atas bahan plastik tertentu yang diberi lapisan feromagnetik (sederhananya, mudah dipengaruhi magnet). Salah satunya adalah karat besi.

Sumber foto: insideit.wordpress.com

Jadi besi berkarat tidaklah seutuhnya tidak bermanfaat namun masih memiliki fungsi lain yang cukup bermanfaat. Lalu ketika besi mengalami proses perkaratan juga masih memiliki manfaat. Saat besi berkarat sebenarnya besi menghasilkan listrik sekitar 0,88 Volt. Seandainya ada 2 besi yang berkarat maka akan dihasilkan total listrik sekitar 1,76 Volt, tegangan yang jauh lebih besar dari baterai 1,5 Volt yang dijual di pasaran. Kendalanya adalah tidak seperti baterai di pasaran, besi yang berkarat sukar untuk mendapatkan kutub negatif dan positif dan daya tahannya tidak selama bateri di pasaran. Namun, justru di sinilah letak semestinya pendidikan. Memancing siswa untuk melakukan kreasi baru.

  1. Yap saya setuju, kreasi baru berarti menagsah kreatifitas, dari hal2 kecil tampa di sadari bisa manjadi proses kreatif,seperti yang di tanyakan murid pak Guru. Salam Pak guru jalan2 dan berkunjung. Salam Semangat!! :)

    BalasHapus

Gunakan kata yang tidak mengandung penghinaan unsur suku, agama, ras, politik.